Home >  Artikel >  Opini
Opini
Semakin pekatnya malam, menandakan fajar akan segera datang. Begitulah kiranya ungkapan yang tepat dikemukakan dalam menilik betapa karut marutnya dunia pendidikan saat ini. Ya,  tidak terelakkan dan harus kita akui bahwa dunia pendidikan kita memang dalam jurang kehancuran. Gelap, kelam, begitu mengerikan. Ini terlihat dari out put pendidikan itu sendiri. Sudah jamak kita saksikan saat ini, berbagai penyimpangan bahkan kriminalitas pasti melibatkan generasi muda, kaum pelajar. Narkoba, miras, prostitusi, free sex atau pergaulan bebas, aborsi, tawuran, sampai pembunuhan tidak lepas dari aset penerus peradaban bangsa bahkan dunia ini. tidak adakah harapan?
Al Ihsan
Selasa, 14 Maret 2017 09:28 WIB
Oleh: Ustaz Abdurrahman Yusuf "Bahwa ketika engkau beribadah (beramal) kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihatnya, sesungguhnya (yakinlah) Dia pasti melihatmu". Ihsaanulaah ialah beramal ikhlas, beramal rapi/tertib, beramal baik dan merasakan betul akan pengawasan Allah SWT, sehingga ibadah dan amalnya itu benar-benar semata kepada Allah, karena Allah, untuk Allah dan dalam rangka mencari keridhaan Allah SWT.
Tupoksi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat
Tidak Asal Gertak & Gebrak Meja
Senin, 13 Maret 2017 11:46 WIB
SETIAP apapun bentuk gerak rentak yang terkait kelindan dengan lembaga maupun pribadi Dewan Perwakilan Rakyat  (DPR) tingkat pusat maupun daerah pasti menjadi heboh. Dari persoalan resmi menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), hingga pernak pernik pada pergerakan, sosial kemasyarakatan sampai sisi paling pribadi kehidupan tak terkecuali bumbu-bumbu duka lara serta asmara.
Al – Iman
Kamis, 02 Maret 2017 14:07 WIB
Oleh: Ustaz Abdurrahman Yusuf Syahadah seorang muslim merupakan realisasi imannya kepada Allah SWT, kelezatannya dapat dicapai dengan adanya cinta dan ridha kepada Allah, Rasul dan Islam. Syahadatain adalah realitas iman kepada Allah SWT dan Rasul, dan konsekuensi iman kepada Allah dan Rasul adalah juga iman kepada malaikat, kitab, qiamat dan qadar baik/buruk.
Gemuk = Sehat = Bahagia, Benarkah?
Selasa, 21 Februari 2017 07:47 WIB
Oleh: Agustina, S.SiT Sekarang ini fashionable menjadi kebutuhan masyarakat, hampir setiap insan pasti menginginkannya. Tak dipungkiri, insan fashionable itu semua ingin berlomba-lomba untuk menjadi pusat perhatian orang lain. Dimulai dari bentuk tubuh yang menarik hingga gaya jalan yang menawan. 
Bahasa Inggris, Solusi Basis
Rabu, 08 Februari 2017 10:54 WIB
Oleh: Ghustiva Liani, SS Berapapun jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia versi data terpercaya pihak manapun-- mau ratusan, ribuan, puluh ribuan atau ratusan ribu – Terserahlah! karena bukan itu persolaan utamanya. Yang menjadi ketakutan kita semua ialah direnggutnya lapangan pekerjaan oleh TKA karena kualitas kompetensi mereka jauh lebih baik dari pribumi. 
Opini
HPN 2017 di Maluku dan NKRI
Jum'at, 27 Januari 2017 20:01 WIB
HARI Pers Nasional (HPN) 2017 berlangsung di Provinsi Maluku pada tanggal 9 Febuari, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri dan sejumlah pejabat. Pada peringatan HPN ini ditampilkan keutuhan budaya, kekayaan  alam dan kemajemukan.
Ibarat Menyimpan Apel Busuk
Sabtu, 14 Januari 2017 22:35 WIB
SETIAPorang pasti pernah merasakan sakit hati karena perbuatan orang lain, entah disengaja atau tidak disengaja. Rasa sakit yang terus disimpan akan mengakibatkan hati merasa sedih dan tidak nyaman. Apalagi jika disimpan dalam waktu yang lama, sakit hati akan menimbulkan penyakit hati yang lebih berbahaya yakni dendam. Ada sebuah kisah menarik yang patut Anda simak mengenai dendam.
Opini
Hakikat Negara
Senin, 09 Januari 2017 22:45 WIB
SELAYANG pandang perlu kita lihat mengapa negara itu muncul. Bukankah Negara itu abstrak. Kita tidak pernah melihat Negara Inggris, Prancis, ataupun Indonesia, yang kita lihat hanya benderanya, orangnya, lambangnya atau merasakan ideologinya dan mendengarkan lagu kebangsaannya, serta bahasa nasionalnya.
Di Media- media muncul berita perkelahian di jalanan Jakarta, antara kader sebuah partai politik dengan kader organisasi massa. Saya tersenyum geli membaca berita serta foto-fotonya. Mungkin orang percaya begitu saja, tetapi tidak demikian bagi yang pernah atau sering berkelahi fisik.
Opini
Tragedi Kemanusiaan di Perairan Teluk Jakarta
Selasa, 03 Januari 2017 22:59 WIB
PERISTIWA yang sangat memilukan dan menyulut emosi kemanusian terjadi awal tahun 2017. Peristiwa tersebut mengakibatkan 23 orang tewas, dalam kebakaran Kapal Zahro Express di Perairan Teluk Jakarta. Selain itu 17 orang lainnya dinyatakan hilang.
Opini
MENUTUP Tahun 2016, tepatnya tanggal 5 Desember DPRD Provinsi Riau walau sempat tertunda 2 kali, akhirnya berhasil mengesahkan Perda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) tahun 2017.
Opini
Kredibilitas Rosihan Anwar Sebagai Wartawan
Kamis, 22 Desember 2016 07:28 WIB
HAJI Rosihan Anwar merupakan sosok wartawan yang konsekuen dalam berjuang melawan korupsi. Almarhum adalah pejuang pers yang gigih. Sebagai seorang jurnalis murni, keteladanannya benar-benar merupakan simbol perjuangan dalam membela kebenaran. Seorang wartawan senior, Atmadji Sumarkidjo mengatakan apa yang dilakukan Rosihan Anwar adalah cermin seorang wartawan.
Opini
Hindari Politik Adu Domba di Pilkada Serentak
Jum'at, 16 Desember 2016 23:00 WIB
APA yang diwariskan penjajah Belanda, yang selama 350 tahun di Indonesia secara fisik telah berakhir. Akan tetapi dari sisi mental dan moral masih membekas di bumi jajahan Belanda ini. Peristiwa seperti yang berbau Sukuisme, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) belum seluruhnya hapus dari persada. Sehingga dengan mudah sesama suku dan kelompok masyarakat dipecah belah. Mulanya melalui isu-isu yang kelihatannya sepele, tapi karena ditiupkan terus menerus menjadi meluas. 
Opini
Berharap Pejabat Profesional di OPD Baru
Kamis, 08 Desember 2016 20:09 WIB
RENDAHNYA serapan anggaran belanja daerah Provinsi Riau dibawah 70 persen pada tahun 2015, 2016 sehingga mencatat silPa Rp 3 triliun - ditengarai akibat satu diantaranya pejabat yang dikukuhkan tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.
Opini
MaKaR = Makna Berkelakar
Minggu, 04 Desember 2016 10:39 WIB
PERKATAAN "Makar" menjadi pembicaraan publik. Baik di Mass Media, maupun di lingkungan masyarakat berbagai lapisan. Bahkan seperti sebuah kata yang nyaris punya pengertian yang tabu. Artinya tidak bisa dipublikasikan dengan pengertian yang seenaknya. Apalagi jika diputar balik dari makna yang sebenarnya. Sekarang arti makar menjadi makna yang tidak begitu tabu.
Cacat dan Diskriminasi
Sabtu, 03 Desember 2016 08:05 WIB
Ketentuan pasal 14 dan 28 tahun 1997 bahwa penyandang cacat (disabilitas) harus diberdayakan oleh setiap perusahaan baik negeri maupun swasta sekurang-kurangnya seorang karyawan cacat yang diposisikan sesuai dengan keahlian dan kemampuannya, harusnya mendapat perhatian khusus. Namun sayangnya, kenyataan di lapangan berbicara sebaliknya. Hal ini terlihat jelas di setiap perusahaan yang minim memiliki karyawan yang mengalami cacat fisik.
Opini
Ketika APBD Gagal Diketok Palu
Jum'at, 02 Desember 2016 19:39 WIB
RABU, tanggal 23, minggu ke empat bulan november. Gubernur Riau Arsyajuliandi Rachman bersama 4 pimpinan DPRD Riau didepan rapat paripurna resmi menandatangani KUA dan PPAS tahun anggaran 2017.
Opini
Ibu Si Pencetak Generasi Cemerlang; Jika ?
Selasa, 29 November 2016 12:57 WIB
ISLAM adalah agama yang sempurna. Kesempurnaannya dapat dilihat dari dalil-dalil syara’ yang menjelaskan bahwa islam adalah agama yang sempurna. “Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu sebagai agamamu.”. (QS. Al-Maidah [5] : 3).
Opini
Demontrasi 212 Jangan Diinfiltrasi Makar
Jum'at, 25 November 2016 06:30 WIB
UNJUK rasa tanggal 2 Desember 2016 yang dikenal dengan istilah Demonstrasi 212, diharapkan tidak bersifat anarkis. Dengan demikian hindarkan unsur-unsur destruktif dan melanggar hukum. Unjuk rasa 212 kelanjutan dari demo tanggal 4 November 2016 yang berakhir dengan ricuh. Padahal awalnya massa merasakan suasana sejuk dalam melakukan sholat jumat dan zikir bersama di Masjid Istiqlal. Namun karena terjadinya pelanggaran dalam melakukan unjuk rasa yang melewati batas waktu yang ditentukan muncul hal-hal yang tidak diinginkan. 
Opini
Demokrasi Mendekonstruksi Seluruh Sendi Kehidupan
Jum'at, 25 November 2016 06:20 WIB
ADITYA Fadilah (4), seorang balita dari Palembang, Sumatera Selatan. Sebagaimana anak seusianya, ia pun menangis saat baru bangun tidur pagi itu, senin (21/11/2016). Malang, tangisan manja yang meminta perhatian dan pelukan hangat dari sang bunda justru membawa malapetaka. Sadis, sang Ibu yang bernama Siska (23) seakan kalap mendengar rengekan ananda. Bagai kesetanan, Siska memukul, mengigit lengan sang anak hingga berdarah, dan puncaknya ibu muda ini menendang ulu hati darah dagingnya yang suci.  Tak menunggu lama, malam harinya Aditya Fadilah menghembuskan nafas terakhir. Bocah ini merenggang nyawa di tangan Ibu kandungnya sendiri.
Membudayakan Film Berbudaya
Kamis, 24 November 2016 14:44 WIB
TIDAK dapat ditampik lagi, sudut-sudut ruang kosong hiburan masyarakat kini telah diambil alih seluruhnya oleh karya seni audio, visual dan waktu yang berbentuk sebuah film. Bagai air mengalir, kini film sangat diterima kehadirannya oleh para penikmat seni. Tak ayal para pebisnis memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan dan mengorbankan rasam masyarakat Indonesia.
www www