Loading...
Home >  Artikel >  Opini
Opini
TULISAN ini terinspirasi setelah membaca buku Ayat-ayat Motivasi yang salah satu babnya judul tulisan ini. Simpulan dari bab ini, ternyata ada beberapa golongan manusia yang ditolak kehadirannya di Padang Mahsyar sehingga mereka harus diusir oleh Allah.
Wartawan Itu tidak Penting
Jum'at, 10 November 2017 10:56 WIB
BILA Kalian Ingin Menjadi Pemimpin Besar, Menulislah Seperti Wartawan, Bicaralah Seperti Orator (HOS Tjokroaminoto)
Opini
USAHA atau perusahaan pers tidak boleh ada izin dalam mendirikannya, karena mendirikan usaha pers adalah hak seluruh rakyat Indonesa. Karenanya, tidak boleh ada satu lembaga pun yang diizinkan mengeluarkan izin dalam usaha pers. Jika ada izin dalam usaha pers, menurut penulis, maka izin itu seharusnya batal demi hukum.
Joni Kosasi
MEDAN- Bagi yang pernah merasakan vertigo, pasti bisa merasakan betapa deritanya fisik dan pikiran saat pusing itu datang. Bumi  serasa berputar seperti sedang diguncang gempa hebat. Penyakit ini sungguh membuat saya trauma. Selain vertigo, saya juga memiliki gangguan lambung yang menjadikan tubuh sering lesu dan gampang masuk angin.
Opini
DEWAN Pers merilis, paling tidak saat ini sudah berdiri 43 ribu perusahaan pers berbasis online di Indonesia. Artinya, jika dibagi 34 provinsi, dengan mengambil nilai rata-rata, ada 1.264 media online di setiap provinsi.
Negeri yang Minus Rasa Malu
Rabu, 25 Oktober 2017 07:24 WIB
SUDAH banyak tulisan yang mengangkat topik tentang rasa malu dan sepertinya tidak ada pengaruh dan manfaat tulisan tersebut. Dengan niat baik yang penuh harapan kita coba lagi menulis topik yang sama.
Opini
HARI demi hari, rakyat semakin sering ''bergunjing'' soal ekonomi yang sekarat. Pengangguran dimana-mana, pasar-pasar mulai sepi, pegawai mulai merasakan keterlambatan pembayaran gaji, dan segudang persoalan lainnya. Namun disaat itu pula, masih banyak pejabat dengan semena-mena berpikir atas dasar kesenangan sendiri. Sungguh naif negara kita jika ini terus terjadi.
Konsultasi Manajemen dan Bisnis
Salam kenal pak Sian Yet. Saya Yuli (27) seorang ibu rumah tangga yang kini memiliki dua anak yang masih kecil. Yang satu berusia 10 tahun dan yang satu lagi berusia 5 tahun. Suami saya bekerja sebagai supervisor di sebuah rumah makan dengan gaji 2 Juta  Rupiah perbulan.
Opini
Komunikasi Batik: dari Indonesia untuk Dunia
Selasa, 03 Oktober 2017 20:56 WIB
BANGSA Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar baik secara territorial maupun non territorial. Bonus demografi ini menjadi perajut persatuan, kesatuan dan keutuhan bangsa untuk melahirkan bangsa pemenang dan tentunya akan terukir di lembar sejarah sebagai bangsa yang memiliki kebudayaan dan peradaban yang tinggi. Kondisi Ini cukup beralasan menjadi modal oleh segenap masyarakat Indonesia sebagai pemilik saham seratus persen Indonesia untuk mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa sejahtera sebagaimana digambarkan dalam Bukunya Plato seorang Filsafat Yunani (427-347 SM)  yang berjudul Critias dan Timaeus. Plato berbicara tentang konsep kehidupan yang paripurna, damai, sejahtera, aman dan sentosa bagi semua rakyatnya dan Pluto pun menamakan dengan masyarakat atlantis.
Konsultasi Manajemen dan Bisnis
Pertanyaan Salam kenal pak Sian Yet. Saya Anjani umur 30 tahun. Sudah 6 bulan saya  menjalankan usaha makanan ringan, namanya  kacang intip. Cara yang saya lakukan selama ini adalah sistim titip jual. Saya menitipkan produk saya di toko oleh-oleh. Mereka baru bayar setelah laku.
Opini
Heboh Bakso Mekar Viral di Medsos
Senin, 04 September 2017 14:10 WIB
PARA pedagang bakso mengeluh atas anjloknya hasil jualan bakso sejak munculnya pemberitaan terkait publis BBPOM terhadap Bakso Mekar di Pekanbaru. Seluruh pedagang bakso jadi susah dan sedih atas usaha yang digeluti beratahun- tahun tiba- tiba terjun bebas omset penjualannya.
Saran buat: Pilihlah Aku
Minggu, 03 September 2017 20:11 WIB
BARANGKALI sebagian besar kita sangat akrab dengan kalimat pilihlah aku. Pilihlah aku adalah judul lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi diva Krisdayanti. Lirik lagunya mengingatkan kaula muda agar jangan salah pilih. Yang pantas dipilih hanyalah aku, karena aku lah segala-segalanya. Dengan segala aksi dan penampilan memukau membuat penonton dan pendengar terkesima. Demikian pilihlah aku dalam konteks hiburan dan bagaimana jika pilihlah aku beralih ke konteks politik.
Insaflah Hai Manusia
Sabtu, 02 September 2017 07:59 WIB
JUDUL di atas adalah penggalan dari syair lagu ''Keagungan Tuhan'' ciptaan A. Malik BZ dipopulerkan oleh D’lloyd tahun 70an dan mari kita lengkapi sebait lagu tersebut sebagai berikut:
Ini Kuncinya Agar Hidup Terasa Ringan
Jum'at, 11 Agustus 2017 11:21 WIB
ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur kita hanya kepada Allah Swt, Dzat Yang Maha Kuasa atas seluruh alam dan atas segala kejadian. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.
Kembalikan JKA untuk Aceh
Selasa, 18 Juli 2017 08:39 WIB
Oleh Hesti Wahyuni* Cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disebutkan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang  harus diwujudkan, dan dengan adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh memberikan otonomi yang luas kepada Pemerintah Aceh untuk mensejahterakan rakyat Aceh.
Dahsyatnya KEK Arun
Rabu, 12 Juli 2017 14:20 WIB
Oleh A. Hadi Arifin PERBINCANGAN seputar Peraturan Pemerintah No.5 Tahun 2017 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, kerap menjadi bahan diskusi bagi kalangan pejabat, akademisi, politisi, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya. 
Jurnalisme Warga
Buka Puasa di Tembok Besar Cina
Rabu, 21 Juni 2017 09:38 WIB
Di penghujung Ramadan ini saya masih berada di Cina sampai akhir Ramadan nanti. Artinya saya berada di Negara Tirai Bambu satu bulan penuh selama Ramadan. Ramadan akan segara meninggalkan kita beberapa hari lagi, namun kodrat seorang pelajar yang jauh dari keluarga pasti rindu dengan suasana Ramadan di kampung halaman. 
Cara Rasulullah Menyambut Ramadhan
Sabtu, 27 Mei 2017 13:24 WIB
Bulan suci Ramadhan memang bulan paling mulia, paling agung. Tak heran semua manusia ingin menyambutnya dengan cara-cara yang dianggap paling cocok dengan rasa dan selera.
Oleh: Agus Dwi Darmawan Selain didominasi kota dan kabupaten di Pulau Jawa, dalam peringkat 50 besar, kami menemukan 18 persen lokasi potensial untuk pengembangan pasar terletak di luar Pulau Jawa.
Opini
Pengaruh Demografi Pada Pilkada
Selasa, 02 Mei 2017 20:59 WIB
MUSIM Coblosan di Indonesia tidak pernah trek seperti panen buah sawit. Sambung menyambung dan tak akan berhenti. Selesai pilihan presiden, lanjut pilihan legislatif lalu bupati, walikota. Belum lagi turun tensi politik, khusus di Riau sekarang kembali panas dingin menghadapi pertarungan sengit memperebutkan kursi Gubernur.
Merajut Kembali Jakartaku!
Rabu, 26 April 2017 21:43 WIB
BEBERAPA hari yang lalu, seorang aktivis perdamaian menelphone saya, kami berdiskusi mengenai kondisi anak-anak negeri ini yang terpecah belah karena Benturan Pilihan Politik.
Semua Melakukan Money Politic
Rabu, 19 April 2017 23:48 WIB
HUJAN sembako di masa tenang, tumpukan sembako menumpuk di kantor DPC PPP di Jagakarsa. Ratusan ton beras dijadikan alat money politik menjelang pilihan gubernur DKI Jakarta. Jor- joran pengerahan masa dan tabur sembako menjadi berita utama hampir di setiap media. 
www www