Opini

Tragedi Kemanusiaan di Perairan Teluk Jakarta

Selasa, 03 Januari 2017 22:59 WIB
Penulis: H Mulyadi
Tragedi Kemanusiaan di Perairan Teluk JakartaH Mulyadi

PERISTIWA yang sangat memilukan dan menyulut emosi kemanusian terjadi awal tahun 2017. Peristiwa tersebut mengakibatkan 23 orang tewas, dalam kebakaran Kapal Zahro Express di Perairan Teluk Jakarta. Selain itu 17 orang lainnya dinyatakan hilang.

Polisi menetapkan nakhoda Kapal Zahro Express sebagai tersangka. Kecelakaan di awal tahun, merupakan tragedi yang menarik perhatian masyarakat. "Kasus ini sangat mengerikan karena menyangkut banyak nyawa manusia yang jadi korban" kata seorang pengamat sosial.

Dilihat dari besarnya korban yang tewas, kebakaran Kapal Zahro Express termasuk berskala besar. Sehingga memerlukan perhatian berbagai pihak terkait untuk menanganinya secara cermat. Musibah yang diduga berasal dari tragedi kemanusian ini, merupakan kasus yang besar. Bahkan untuk awal tahun 2017 merupakan peristiwa yang sangat mencekam. Berbagai musibah yang membawa banyak korban tewas, masih didominasi oleh kelalaian manusia (human error).

Bisa dibayangkan keluarga korban yang meninggal dunia tersebut, menghadapi tragedi yang besar ini. Tentunya dilihat dari skala korban, saat menikmati liburan merupakan musibah yang perlu mendapat perhatian semua komponen. Baik aparat yang menangani angkutan laut, keselamatan penumpang dan perlunya kehati-hatian terhadap kasus serupa. Sudah banyak terjadi, kasus human error mengakibatkan korban yang begitu besar. Dengan demikian kejadian seperti ini, tidak terulang dikemudian hari. Bahkan jumlahnya harus bisa dikurangi.

Demikian pula penyebab kasus, harus diteliti secara komprehensif. Sehingga dapat diketahui masalahnya secara jelas. Kasus yang menyangkut tragedi kemanusian ini perlu mendapat perhatian. Apalagi terjadi disaat masyarakat ingin menikmati hiburan. Dengan begitu sangat menyedihkan, masyarakat yang hendak berlibur dan menikmati suasana gembira, justru menjadi korban musibah besar.

Dilihat dari skala korban yang jatuh, kasus awal tahun 2017 ini memerlukan perhatian semua elemen. Sebab nyawa manusia merupakan sesuatu yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat. Dibandingkan dengan tragedi lainnya, kasus kebakaran Kapal Zahro Express benar-benar memprihatinkan. Sehingga berbagai simpati masyarakat terhadap korban yang tewas maupun hilang menjadi lebih besar. Kasus kebakaran kapal dengan korban yang besar, harus diusut secara tuntas. Karena bukan mustahil ada hal lain yang belum terungkap.

Yang juga harus dipelajari adalah efek kasus tersebut, tidak diprovokasi. Namun penelitian yang betul-betul teliti dan obyektif tetap memperhatikan unsur-unsur hukum. Tentunya aspek kemanusian yang terdapat dalam kasus ini, menjadi perhatian berharga bagi aparat terkait. Demikian pula saksi-saksi yang nantinya akan diperiksa hendaknya dilakukan dengan teliti dan cermat. Sehingga unsur-unsur hukum dan kemanusian merupakan fokus dan sangat penting.

Kita menundukan kepala atas jatuhnya korban kemanusian ini. Selain itu kita mendoakan agar mereka yang meninggal dunia, semoga mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT. Dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga tabah menghadapinya. Amin.

H Mulyadi adalah wartawan senior, tinggal di Pekanbaru

Kategori:Opini
wwwwww