Opini

Wanita Pertama Ketua DPRD Riau

Rabu, 26 Oktober 2016 19:53 WIB
Penulis: H Mulyadi
Wanita Pertama Ketua DPRD RiauH Mulyadi

PROVINSI Riau memiliki Ketua DPRD yang baru. Tidak tanggung-tanggung yang terpilih sebagai ketua lembaga legislatif itu adalah Septina Primawati Rusli. Ia dilantik oleh ketua Pengadilan Tinggi Riau. Ribuan orang menghadiri upacara pelantikan tersebut. Antara lain nampak mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar dan Saleh Djasit. Tampak pula mantan Wakil Gubernur Riau Mambang Mit dan eks Sekda Riau Zaini Ismail. Selain itu hadir juga tokoh-tokoh nasional seperti Wakil MUI pusat T. Zulkarnaen dan pengurus Golkar pusat Nurdin Halid. Yang menarik, tampilnya Septina merupakan perempuan pertama yang menjadi Ketua Legislatif Riau. Ia terpilih mewakili Partai Golkar yang berhasil meraih suara mayoritas di legislatif.

Septina adalah anak sulung Drs. Ismail Suko yang pernah menjabat Sekretaris Daerah dan Sekretaris Dewan Provinsi Riau. Terpilihnya Septina merupakan kebanggaan bagi daerah. Ia lahir di Jakarta tanggal 21 September 1961. Karirnya antara lain Dosen di Fakultas Ekonomi Unri (1987-2013). Aktif pula sebagai Ketua Forum Pengembangan Anak Penyandang Autis (F-PAPA) (2011-2016). Pernah menjabat sebagai Dekranasda Provinsi Riau (2004-2013).  Karir politiknya sebagai calon Walikota Pekanbaru periode 2012-2017. Namun ia gagal terpilih menjadi orang nomor satu di Pekanbaru.

Pada pemilu tahun 2014 yang lalu, ia menjadi calon Anggota Legislatif dari partai Golkar yang mewakili daerah pemilihan Indragiri Hilir. ia berhasil terpilih sebagai anggota Legislatif Riau. Karir politiknya yang cemerlang, nampaknya terus meroket mewarnai perjalanan hidupnya. Usai acara pelantikan sebagai Ketua DPRD Riau, banyak hadirin yang memberikan ucapan selamat. Hampir lebih dari satu jam hadirin harus mengantri. Menjawab pertanyaan, apakah berminat menjadi calon Gubernur Riau untuk kedepan, ia tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Tetapi dilihat dari bahasa tubuh segala sesuatu bisa terjadi. Apalagi ibunya Roslaini, ke mana anak sulungnya pergi selalu didampingi. Bahkan sering mengucapkan doa bagi perjalanan karirnya Septina, agar mulus. Bukan hanya Ibunya saja, Adik-adiknya juga seperti Joni Irwan, Nita dan sanak saudara lain dengan setia mengikuti upacara sampai selesai.

Ada ucapan latin yang berbunyi "Ora et Labora" yang artinya dengan berdoa kita bekerja. Demikian pula menghadapi situasi yang makin dinamis dan penuh kewaspadaan nampaknya ucapan "Vivere veri coloso" yang berarti hidup nyerempet-nyerempet bahaya, perlu menjadi perhatian.

Akhirulkalam masyarakat mengharap terpilihnya Septina sebagai Ketua Lembaga Legislatif membawa perubahan kinerja DPRD dan Pemda Provinsi Riau. Terutama untuk hal-hal yang menyangkut anggaran dan kemashalatan masyarakat. Terutama mengahadapi tahun 2017 yang penuh tantangan. Sekali layar terkembang surut kita berpantang. Selamat menjalankan tugas.***

H Mulyadi adalah wartawan senior tinggal di Pekanbaru.

Kategori:Opini
wwwwww