Loading...
Home >  Artikel >  Opini
Opini
Karena sharing, maka menjadi murah. Selamat datang anak-anak muda pembaharu.
Buntut Kisruh PSSI VS Menpora
JAKARTA- Nama Ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) La Nyalla Mattalitti yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, belakangan ini sering menjadi bahan liputan mediamassa. Di samping juga menjadi bahan pergunjingan dan perbincangan di berbagai tempat.
Masyarakat Sepakbola
Salam 3-0 Untuk Sebuah Kebenaran
Sabtu, 12 Maret 2016 12:30 WIB
JAKARTA- Skor 3-0 seperti dalam suatu pertandingan sepakbola adalah skor yang cukup telak dan sangat kecil kemungkinan untuk membalikan keadaan bagi kubu lawan menciptakan kemenangan.
Menyibak Potensi Air Terjun 7 Bidadari
Selasa, 08 Maret 2016 12:54 WIB
HUTAN lebat, lautan luas, tanah subur, kekayaan alam berlimpah, dan iklim tropis bersahabat. Hanya segelintir negara yang diberi kelebihan dan keunggulan tersebut oleh Allah SWT.
Menunggu Presiden Berantas Amplop Wartawan
Selasa, 09 Februari 2016 07:37 WIB
PRESIDEN Joko Widodo memastikan akan menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional 2016 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 9 Februari 2016. Dalam acara itu, Jokowi akan diberi panggung untuk berinteraksi dengan kurang-lebih 600 wartawan nasional, petinggi negara, dan tokoh masyarakat. Supaya pertemuan itu bermakna, bantuan atau kebijakan strategis apa yang bisa Presiden keluarkan agar kehidupan pers Indonesia semakin sehat?
Opini
Selamat Datang Bupati Pilihan Rakyat!
Sabtu, 30 Januari 2016 14:57 WIB
PERTAMA-TAMA saya ucapkan selamat atas terpilihnya bapak Irwan Nasir dan Said Hasyim sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2016 s/d 2021. Terpilihnya kembali Irwan Nasir sebagai calon incumbent di Kabupaten Kepulauan Meranti semakin menambah daftar panjang atas hasil survei yang pernah di lakukan sejak pertama kali pelaksanaan Pilkada digulirkan tahun 2005 hingga kini sudah ratusan bahkan ribuan pelaksanaan Pilkada di selenggarakan di berbagai daerah di Indonesia selalu di dominasi oleh kemenangan calon incumbent.
Opini
Menggantikan Siapa?
Kamis, 21 Januari 2016 21:29 WIB
ANDAI saya wartawan yang ikut dalam jumpa pers, atau berkesempatan mewawancarai Tim Transisi (entah ketua atau anggotanya), dan mereka berbicara tentang rencana menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, ada satu pertanyaan yang ingin diajukan. Pertanyaan ini sederhana saja,”Jika KLB diadakan, dan menghasilkan pengurus baru, itu menggantikan pengurus yang mana, La Nyalla atau Djohar Arifin?.”
BERBICARA soal perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan.
BIN, Din Minimi dan Perdamaian Indonesia
Jum'at, 01 Januari 2016 23:32 WIB
JAKARTA - "Perjuangan" Nurdin Ismail alias Din Minimi beserta 120 orang anggotanya di Aceh telah berakhir, setelah pimpinan kelompok bersenjata paling dicari di Aceh ini mengadakan "win-win negotiation" dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso.
Lima Tahun Lagi
Kamis, 17 Desember 2015 18:07 WIB
PELAKSANAAN pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 ini usai sudah dilaksanakan pada 9 Desember lalu. Tercatat, pelaksanaannya ada di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 34 kota yang menggelar pilkada serentak.
Antara Budaya Minangkabau dan Pendidikan Karakter
Minggu, 13 Desember 2015 10:06 WIB
SEMENJAK tahun 2009, Kementrian Pendidikan dan Kebudayan RI telah merencanakan pendidikan karakter bangsa, semenjak itu pulalah sekolah di Indonesia mulai menanamkan Pendidikan Berkarakter kepada para siswa di seluruh sekolah ,mulai dari Taman Kanak-Kanak,Pendidikan Dasar,Sekolah menengah bahkan sampai ke Perguruan Tinggi. 
Opini
Perlunya Koordinasi Intelijen ASEAN
Kamis, 10 Desember 2015 18:54 WIB
KERJASAMA Badan Intelijen di lingkungan anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sebagai pemikiran realistis dan mustahak. Pokok-pokok pembahasan yang muncul dalam agenda KTT ASEAN ke-27 di Kuala Lumpur baru-baru ini semakin mewarnai pertemuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Kerjasama selama ini menjadi lebih luas bagi eksistensi ASEAN. Hal ini terjadi karena masuknya permasalahan intelijen. 
Imam Sholat
Rabu, 09 Desember 2015 08:28 WIB
TENTU kita tahu yang dimaksud dengan imam, walaupun banyak pengertiannya, seperti kelompok Sunni dan Syiah ternyata berbeda pengertian tentang imam. Menurut Sunni imam bukanlah jabatan dan bukan pula warisan, tidak pula memiliki sifat suci. Menurut Sunni imam tidak lain seorang muslim yang taat dan berilmu tentang agama. Kita kenal imam Hanafi, imam Maliki, imam Syafi’i, imam Hambali, imam Al-Ghazali, imam Bukhari, Imam Muslim, dst.
Selamat Datang Pemimpin (Baru)
Rabu, 09 Desember 2015 08:19 WIB
SEMBILAN Desember 2015 merupakan hari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak se-Tanah Air. Tercatat, ada di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota yang menggelar pilkada serentak.
Opini
Aceh dan Jusuf Kalla
Minggu, 29 November 2015 17:49 WIB
PADA tanggal 06 Juni 2008 saya berkesempatan berdiskusi membahas Aceh dan duduk satu meja dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden RI.  Saat itu  Kalla didampingi Prof. Dr. Djohermansyah Johan yang kini menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah.   Saya sendiri waktu itu merupakan pegawai Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi NAD-Nias (BRR NAD-Nias) bersama Teuku Rafli Pasha diajak mendampingi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menghadap Wakil Presiden RI.
Adat Resam dan Khasanah Melayu
Selasa, 13 Oktober 2015 11:30 WIB
PENDAHULUAN Riau merupakan salah satu daerah yang dalam perjalanan sejarahnya telah menyumbangkan sebongkah emas budaya yang bernama bahasa Melayu, yang kemudian menjadi salah satu puncak budaya nasional Indonesia. Semua tahu, bahasa Indonesia yang menjadi bahasa nasional Indonesia itu, asal-muasalnya adalah Bahasa Melayu Riau, bahasa yang tumbuh dan berkembang di bawah dera dan tempaan kultur Melayu yang besar dan hidup di tengah masyarakat Riau.
RZ akan Dikenang Sebagai Gubernur Spektakuler
Rabu, 19 September 2012 18:48 WIB
TINGGAL beberapa hari lagi, helat Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Tahun 2012 di Bumi Melayu Lancang Kuning segera berakhir. Keraguan sejumlah pihak, yang sempat diekspos beberapa media nasional tentang kesiapan Riau sebagai tuan rumah, sama sekali tidak terbukti. Meski tidak sempurna seratus persen, namun sejauh ini, Riau mampu menjadi tuan rumah yang baik.
PON Ladang Perburuan ''Mereka''
Rabu, 05 September 2012 23:01 WIB
COBA saya bayangkan uang sebanyak Rp4,6 triliun disebarkan diseluruh desa di Riau. Tentu seluruh masyarakat desa di Riau yang berjumlah 3.000 desa mendadak menjadi orang kaya baru. Bayangkan masing-masing desa akan mendapat rata-rata Rp15 miliar, tentu sangat mengejutkan. Pasti akan memicu konsumerisme sesaat.
PON Bisu
Senin, 03 September 2012 04:24 WIB
SEJAK era reformasi, dunia olahraga ikut mengalami banyak pergerakan. Mulai dari struktur kepengurusan KONI dan kepengurusan cabang, hingga pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).
www www