Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
Olahraga
6 jam yang lalu
Okto Jadi Saksi Sejarah Indonesia Kalahkan Australia di Piala AFC U-23
2
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
Olahraga
6 jam yang lalu
Kalahkan Australia di Piala Asia U 23, Erick Thohir: Luar Biasa Penampilan Indonesia
3
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
Pemerintahan
2 jam yang lalu
Uruguay Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal dengan Indonesia
4
HUT ke-94, PSSI Berbagi Kebahagian dengan Legenda Timnas Indonesia
Olahraga
2 jam yang lalu
HUT ke-94, PSSI Berbagi Kebahagian dengan Legenda Timnas Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Ekonomi

Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama
Rabu, 28 September 2016 10:17 WIB

PADA kendaraan seperti motor, aki emang menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Kebanyakan orang menganggap aki sebagai “baterai motor” karena ada beberapa motor yang tidak bisa menyala ketika aki motor habis atau soak. Itu sebabnya, anda harus bisa merawat atau menjaga aki motor agar bisa menjadi lebih awet.

Performa dan ketahanan aki motor memang sangat dipengaruhi dengan harga aki kering motor atau aki biasanya, terserah and akan menggunakan tipe aki yang mana. Namun, jika anda merawatnya dengan benar, maka aki motor ini akan bisa bertahan lebih lama.

Lalu, apa saja yang sebaiknya anda lakukan untuk merawat aki motor milik anda? Berikut beberapa diantaranya yang harus anda lakukan.

Tidak menyalakan starter dengan paksa

Sudah menjadi sebuah kebiasaan sepertinya jika seseorang semakin memaksakan sesuatu yang sulit untuk bisa dilakukan, menyalakan starter electric motor padahal sudah sulit untuk dinyalakan sebenarnya. Jika memang sudah mulai sulit untuk menggunakan starter elektrik, ada baiknya anda menggunakan  starter manual saja.

Sebenarnya, starter electric dirancang untuk memudahkan menyalakan motor anda dalam keadaan darurat saja. Untuk itu, untuk merawat aki motor anda, sebaiknya tidak memaksakan pergunakan starter electric.

Penggunaan Aksesoris

Sebagian dari anda mungkin suka menambahkan beberapa aksesoris pada motor. Tidak ada salahnya sebenarnya selama tidak menyalahi aturan berkendara, namun sebaiknya anda lebih bijak dalam memilih aksesoris apalagi yang membutuhkan penggunaan aki motor.

Contohnya saja beberapa lampu tambahan atau klakson yang kapasitasnya lebih besar dari yang seharusnya. Anda juga sebaiknya ingat bahwa harga aki kering motor tidak terlalu murah, sehingga ada baiknya untuk menghemat penggunaan aki motor saja.

Mematikan Lampu

Bagian yang paling sering menggunakan daya aki motor ialah lampu, baik head lamp maupun sign lamp nya. Ada baiknya sebelum anda mematikan lampu-lampu pada motor anda sebelum mematikan motor. Baca juga: Kota Padang Kembali Jadi Tuan Rumah Kejurnas Drag Rage dan Drag Bike Piala Menpora RI

Anda juga sebaiknya mengetahui bahwa menyalakan motor dengan lampu-lampu yang menyala dapat mengganggu kestabilan tegangan listrik yang ada pada sepeda motor anda. jadi, jangan malas untuk mematikan lampu motor mulai dari sekarang.

Menyalakan Motor

Berbicara mengenai merawat dan mengirit penggunaan aki motor, mungkin anda berpikiran bahwa jarang menyalakan motor anda ialah cara yang baik. Namun sebenarnya tidak, anda harus tetap menyalakan motor anda setidaknya selama 15 menit setiap harinya.

Mengapa? Hal ini untuk mencegah sel-sel dalam aki menjadi kering atau mati. Pada aki motor, terdapat dua plat berkutub positif dan negatif. Plat tersebut akan bereaksi dengan cairan yang berupa asam sulfat karena bantuan kiprok, dan nantinya akan menghantarkan energi listrik pada komponen kelistrikan yang lainnya.

Ketinggian Cairan Aki

Seperti yang anda ketahui, di dalam aki terdapat cairan khusus. Untuk merawatnya, anda harus sering mengecek supaya cairannya tidak melebihi batas bawah maupun batas bawah aki motor. Jika ternyata cairannya sudah mendekati batas bawah, nada harus segera memberikan cairan H2O.

Pemberian cairan  air suling alias H2O ini dimaksudkan  untuk menstabilkan  derajat keasaman cairan yang ada di dalam aki. Ketika menambahkannya, pastikan bahwa cairan ini sudah hampir mencapai batas atas aki.

Itulah kelima sederhana yang sebaiknya anda lakukan untuk merawat aki motor anda. sekali lagi, harga aki kering motor tidaklah murah, daripada anda harus sering-sering membeli aki motor karena kebiasaan buruk anda dalam menggunakan motor, akan  lebih baik jika berusaha untuk merwatnya dari saat ini juga. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Ekonomi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/