Home  /  Berita  /  Umum

Panasonic Meluncurkan Solusi Pengarsipan Pertama Tak Lekang Waktu Menggunakan Teknologi Blu-Ray

Panasonic Meluncurkan Solusi Pengarsipan Pertama Tak Lekang Waktu Menggunakan Teknologi Blu-Ray
Panasonic Blu-Ray Data Archiver. (Humas)
Rabu, 16 Maret 2016 15:50 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Saat ini adalah eranya "Big Data", peningkatan permintaan untuk penyimpanan dan pengarsipan data bisa menjadi tantangan dari sisi biaya yang tidak sedikit. Untuk itulan Panasonic menghadirkan alat untuk pengarsipan data menggunakan teknologi blu-ray.

Teknologi blu-ray yang dicanangkan oleh Panasonic merupakan metode pertama di kelas pengarsipan data berbasis disk optik (optical disc). Teknologi tersebut telah terbukti dapat meningkatkan usia penyimpanan data secara drastis, meningkatkan keselarasan dengan peraturan industri maupun pemerintah, sekaligus menekan beban pengoperasian.

Secara global, aset berupa informasi milik perusahaan dan badan pemerintahan terus meningkat setiap tahun. Para pengamat meramalkan bahwa data digital internasional akan mencapai kurang-lebih 45 zettabytes (ZB) dalam 4 tahun mendatang. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem penyimpanan lebih efisien dan terpercaya untuk mengelola data dalam jumlah besar.

Pada umumnya, arsip disimpan di Hard Disk Drive (HDD) atau dengan menggunakan metode tape-backup. Teknologi seperti ini cenderung tidak bertahan lama dan membutuhkan energi cukup besar, yang pada akhirnya akan menghabiskan dana operasional yang besar. Pengarsipan data blu-ray dari Panasonic menghadirkan penyimpanan data handal yang dapat bertahan 5 sampai 10 kali lebih lama dibandingkan dengan tape-backup ataupun HDD. Usia penyimpanan yang lebih panjang berdampak langsung dalam mengurangi limbah elektronik.

Ditambah dengan metode pendinginan yang lebih hemat energi, pengarsipan data blu-ray lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan solusi penyimpanan lain. Kapasitas penyimpanan data berteknologi blu-ray dari Panasonic mampu memfasilitasi organisasi-organisasi yang menangani data dalam jumlah besar. Selain itu, penyimpanan data berteknologi blu-ray juga bersifat WORM (Write Once Read Many) sehingga data yang disimpan tidak dapat dimanipulasi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berikut Kelebihan dari Penyimapanan Data Bertekhnologi Blu-Ray-

Efisiensi energi, sistem pengarsipan blu-ray tidak memerlukan banyak energi dan daya panas yang dihasilkannya rendah.Biaya per bit yang rendah. Penyimpanan berkapasitas tinggi yang bertahan lama menghilangkan biaya perpindahan data yang tidak sedikit.

Lebih dapat diandalkan, tidak ada tekanan fisik pada media penyimpanan, yang menekan tingkat kegagalan dalam menyimpan data sekaligus mempertahankan kualitas penyimpanan terbaik di kelasnya, seperti RAID 5,6 dan WORM. Daya tahan hingga lebih dari 50 tahun, mengurangi limbah elektronik yang dihasilkan akibat penggantian media penyimpanan berkali-kali.

?Peningkatan permintaan untuk metode pengarsipan yang aktif dan berusia panjang menimbulkan tantangan yang dapat membebani teknologi pengarsipan yang telah ada. Pengarsipan data blu-ray oleh Panasonic secara khusus hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Jika dibandingkan dengan solusi pengarsipan lain, Panasonic unggul dari segi keandalan, integritas data, harga, dan keramahan terhadap lingkungan,? ujar Hideo Yonenaga, General Manager, Storage Business Division, Panasonic System Solutions Asia Pacific.

Perusahaan kecil dan menengah yang belum memiliki sumber daya atau volume data untuk mulai berinvestasi pada solusi pengarsipan akan tetap bisa merasakan keuntungan dari teknologi pengarsipan data blu-ray.

Baru-baru ini, Plan B, penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi dan kelangsungan bisnis yang berpusat di Selandia Baru, meluncurkan teknologi layanan pengarsipan berbasis cloud dengan memanfaatkan sistem pengarsipan data blu-ray dari Panasonic.

Managing Director, Plan B Ltd, Ian Forrester mengatakan, dengan layanan baru tersebut, teknologi pengarsipan data blu-ray dapat diakses oleh para pelaku bisnis, baik bisnis kecil, menengah, maupun besar.

"Berbagai bisnis tersebut dapat mengakses dan mengelola arsip data mereka melalui cloud dengan aman. Layanan kami menghilangkan beban perusahaan, sekaligus menyediakan pengarsipan data yang mudah diakses, harga yang lebih murah, dapat diukur, dan dapat diandalkan, baik sekarang maupun di masa depan. Model layanan ini tidak hanya tersedia di Selandia Baru saja, tapi juga di Asia dan Australia," jelasnya kepada Legislatif.co (GoNews Group), Rabu (16/03/2016) di Jakarta.

Layanan Arsip Data Cloud (Cloud Data Archive) dari Plan B, yang memanfaatkan sistem pengarsipan data blu-ray Panasonic, disediakan secara langsung oleh Plan B. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi clouddataarchive.sg.(**/dnl)

Kategori:Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77